Sunday, November 18, 2012

Cara Membuat Topeng Kertas

TOPENG kertas

hi class, kali ini sis Mysweet Ladyluck akan memberikan materi Topeng Kertas.. langsung sajaaa...
Topeng merupakan replika wajah, dapat digunakan untuk pertunjukan tari topeng dalam membawakan peran-peran tertentu. Topeng juga sering digunakan oleh anak-anak untuk bermain dengan sesamanya, seperti melucu dan menakut-nakuti temannya. Berbagai karakter topeng sering kita jumpai, ada wajah menakutkan, wajah lucu, wajah tua, wajah sedih dan ada juga wajah/muka binatang.

Hasil pelapisan model dengan tissue setelah dilepaskan dari model-nya. Proses berikutnya merapikan bentuk topeng, lalu topeng diwarna sesuai karakter topeng atau seleraaaa masing2. wow...beautiful !


Tapi ..buka dulu topengmu... 

nah kali ini mari kita belajar membuat TOPENG KERTAS. ... baca selengkapnya
Cara Membuat Topeng Kertas :

1. Siapkan bahan dan alat : wax/lilin dapat dibeli di toko dengan harga Rp.10.000,- per pack isi 10 batang, kertas tissue, cat air atau pewarna lainnya untuk mewarnai topeng yang sudah jadi.
2. Buatlah model topeng dengan menggunakan wax/lilin/malam dengan aneka bentuk. Jangan takut kalau bentuknya penyat penyot, justeru menambah unik/lucu wajah topeng, hihihihi ...



siswa Firman dan Puji sedang membuat model dengan bahan wax/lilin/malam.


Buatlah wajah terlebih dahulu, lalu hidung, mata, bibir.

bentuk wajah model topeng

siswi Titin dan Faisal : bentuk wajah model yang kubuat mirip aku... ???

3. Jika model telah terbentuk, mulailah dengan melapisinya dengan selembar tissue, kemudian basahi dengan air dengan menggunakan kuas, ikuti setiap lekuk model topeng agar bentuknya sempurna.
4. Lapisi lagi. mulai pada lapisan ke-2 (dua), sebelum dilapisi tissue lembar ke-2, terlebih dahulu model dilapisi dengan lem fox (kanji, bisa buat sendiri), baru kemudian dilapisi selembar tissue, supaya tissue dapat melekat.
5, Begitu seterusnya model dilapisi tissue selembar demi selembar, hingga model tertutup oleh tissue seluruhnya dengan ketebalan yang cukup, kurang lebih 10-15 lapisan. 
6. Diamkan atau jemur di bawah sinar matahari hingga kering.
7. Lepaskan tissue dari model, perkahan-lahan.
8. Setelah topeng terlepas dari modelnya, warnailah dengan karakter yang lucu2/unik.

Model dilapisi tissue selapis demi selapis hingga ketebalan cukup.

Bagikan

Jangan lewatkan

Cara Membuat Topeng Kertas
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.