Monday, March 14, 2011

KREASI dg TANAH LIAT (LEMPUNG)

Assalamualaikum... 
hi class, sis Mysweet Ladyluck hari ini mengajak 'have fun' sambil berkreasi ... yuuukk.


Bahan dasar dan Alat
Bahan dasar : Tanah liat.

Kalau dulu jaman baheula saya mencari tanah liat (lempung) langsung dari alam. Di sinilah sukanya, jalan-jalan blusukan ke kampung mencari tempat yang bertanah-liat ... tentunya sebelumnya minta ijin dulu kepada pemiliknya. Alhamdulilah mereka mengijinkan .. melihat kami masih anak2 sekolah. Ngambilnya juga sedikit beberapa genggam saja ... bukan mengeruk ber truk-truk ... waaah itu sih bisa berbahaya yang dapat merusak keseimbangan alam ... apalagi dilakukan dengan cara illegal, laporkan saja !

Siswa happy banget mainan sambil berkreasi dengan tanah liat


Asyiknya bermain main, berkreasi dengan tanah liat / lempung.
Ayo kita buat motif daun .... ini diaaaaa :

Tanah liat sedang dibentuk

Alat yang digunakan sederhana saja, yang dapat membantu untuk membentuk, memotong. Yang mau beli tersedia di toko, biasanya ada di toko alat tulis, alat lukis. Yang seperti gambar, 1 set terdiri dari 6 buah, harganya sekitar Rp. 50.000,- Tanpa alat seperti itupun bisa kok ... pakai saja tangan. Untuk menghaluskan permukaan, celupkan jemari pada air lalu gosokkan pada permukaan tanah liat hingga halus.

















Hasil kreasi siwa
Hasil dikeringkan alami, sebaiknya tidak dibawah panas matahari langsung, supaya tidak retak/pecah. Lalu diwarna menggunakan cat. Lalu dilubangi pada bagian ujung kemudian masukkan tali ... jadilah liontin kalung yang unik. Atau tempelkan magnet di bagian sisi belakang ... jadilah hiasan yang dapat ditempel di kulkas.

ayooo kembangkan lagi kreasimu :)

Bagikan

Jangan lewatkan

KREASI dg TANAH LIAT (LEMPUNG)
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.